25 Tips PowerPoint
25 Tips PowerPoint
Microsoft PowerPoint ™ adalah alat presentasi yang kuat
dengan mana Anda dapat membuat tampilan slide profesional. Tips
berikut adalah favorit saya untuk siswa di kelas online saya. Untuk
lebih tips tentang PowerPoint, kunjungi situs web Microsoft Office: http://www.microsoft.com/office/powerpoint
atau mencari Web untuk + PowerPoint + tips. Untuk
membaca sebuah artikel menarik tentang PowerPoint, memeriksa situs Web berikut:
http://www.teach-nology.com/tutorials/powerpoint/
Tips di bawah ini dibagi menjadi empat kategori: Tips 1-7
adalah tips dasar PowerPoint untuk pemula. Tips 8-14 tips untuk lebih banyak
pengguna PowerPoint maju.
Tips 15-25 adalah tips untuk bekerja dengan grafis. Akhirnya,
empat tips tambahan telah ditambahkan untuk ketika Anda sedang melakukan
presentasi slide Anda secara pribadi.
Dasar-dasar PowerPoint
1. Aturan Dasar & Konfigurasi
Gunakan Bulb PowerPoint
Cahaya untuk membimbing slide-show mekanik; pastikan tidak ada lampu yang
tersisa pada setiap slide. Untuk mengatur "bola lampu" untuk
pengaturan pilihan, masuk ke Tools> Options> Spelling & Style
tab. Pastikan kotak centang untuk "Periksa Style" ditandai kemudian
klik "Style Options" tombol. Mengatur konfigurasi sebagai berikut:
·
Kasus
dan Akhir Tanda Baca tab:
o
[X]
Judul Slide gaya: Judul Kasus
o
[X]
gaya teks tubuh: Kalimat Kasus
o
[]
Judul Slide tanda baca (tidak ada tanda di kotak centang ini)
o
[X]
tanda baca tubuh: Paragraf memiliki tanda baca yang konsisten
·
Visual
Kejelasan tab:
o
[X]
Jumlah font tidak boleh melebihi 3
o
[X]
ukuran Judul teks harus setidaknya 36
o
[X]
ukuran teks tubuh harus minimal 20
o
[X]
Jumlah baris tidak melebihi 6
o
[X]
Jumlah baris per judul tidak boleh melebihi 2
o
[X]
Jumlah baris per peluru tidak boleh melebihi 2
Kemudian
pastikan bola lampu dihidupkan: Dalam menu Help, nyalakan kantor
asisten. Ketika Anda membuat slide, bola lampu mungkin muncul. Jika tidak
muncul, Anda melanggar aturan untuk kebaikan slide show mekanik. Klik pada bola
lampu untuk melihat kesalahan. Dalam banyak kasus PowerPoint akan memperbaiki
kesalahan untuk Anda jika Anda membiarkannya. Ketika
saya mencetak gol (grade) slide show PowerPoint Anda, saya akan memotong satu
titik mekanik untuk setiap bola lampu yang tersisa di acara Anda.
CATATAN bahwa PowerPoint
slide show bisa sangat besar dalam ukuran file. Pastikan
untuk kompres grafis sebelum menyimpan slide show akhir
Anda!
2. The Mighty Pergeseran Key
·
Tahan tombol SHIFT ketika menggambar
garis untuk mendapatkan garis lurus sempurna.
·
Tahan tombol SHIFT ketika menggambar
oval untuk mendapatkan lingkaran bulat sempurna.
·
Tahan tombol SHIFT ketika menggambar
persegi panjang untuk mendapatkan persegi.
·
Tahan tombol SHIFT sambil mengklik
pada tampilan icon yang normal untuk mendapatkan Master slide.
·
Tahan tombol SHIFT sambil mengklik
pada tampilan penyortir geser untuk mendapatkan master handout.
·
Tahan tombol SHIFT sambil menekan
Enter untuk mendapatkan sebuah baris kosong tanpa peluru.
·
Tahan tombol SHIFT untuk memilih
beberapa objek pada slide pada saat yang sama.
·
Tahan tombol SHIFT saat mengubah
ukuran grafis untuk mempertahankan proporsi yang sama dalam grafik ukurannya.
·
Tahan tombol SHIFT sambil menekan F3
untuk mengubah kasus huruf.
3. The Mighty Kontrol Kunci
·
Tahan
tombol CTRL sambil mengklik slide show tombol lihat ketika Anda mengedit
tampilan slide. Ini akan membuka jendela pratinjau sehingga Anda dapat melihat
bahwa slide dalam modus slide show.
·
Tahan
tombol CTRL sambil menyeret sebuah Panduan yang ada untuk membuat panduan baru.
·
Tahan
tombol CTRL sambil memutar roda pada mouse untuk memperbesar dan keluar dari
slide
·
Tahan
tombol CTRL ditambah kunci RUMAH untuk pergi ke slide pertama
·
Tahan
tombol CTRL ditambah kunci END untuk pergi ke slide terakhir dalam presentasi
Anda
·
CTRL
+ A (pada tab Slides) untuk memilih semua objek
·
CTRL
+ A (di tukang pilih tampilan slide) untuk memilih semua slide
·
CTRL
+ A (pada tab Outline) untuk memilih semua teks dalam slide Anda
·
CTRL
+ B untuk menerapkan format tebal
·
CTRL
+ C untuk menyalin objek yang dipilih
·
CTRL
+ D untuk menduplikasi (membuat salinan) slide yang dipilih
·
CTRL
+ E ke pusat paragraf
·
CTRL
+ F untuk mencari teks
·
CTRL
+ G untuk membuka kotak dialog grid dan pedoman
·
CTRL
+ H untuk mengganti teks
·
CTRL
+ I untuk menerapkan format italic
·
CTRL
+ J untuk membenarkan ayat (keselarasan penuh)
·
CTRL
+ K untuk menyisipkan hyperlink
·
CTRL
+ L ke kiri menyelaraskan paragraf
·
CTRL
+ M untuk menyisipkan slide baru
·
CTRL
+ N untuk membuat presentasi baru
·
CTRL
+ O untuk membuka presentasi yang ada
·
CTRL
+ P untuk mencetak presentasi
·
CTRL
+ Q untuk berhenti PowerPoint
·
CTRL
+ R untuk kanan menyelaraskan paragraf
·
CTRL
+ S untuk menyimpan presentasi
·
CTRL
+ T untuk mengubah format karakter antara kalimat, huruf kecil, dan huruf besar
·
CTRL
+ U untuk menerapkan garis bawah format
·
CTRL
+ V untuk paste potongan atau objek disalin
·
CTRL
+ W untuk menutup presentasi
·
CTRL
+ X untuk memotong di seleksi keberatan
·
CTRL
+ Y untuk mengulang atau mengulang tindakan
·
CTRL
+ Z untuk membatalkan tindakan terakhir
·
CTRL
+ Equal Masuk untuk menerapkan format subscript
·
CTRL
+ SHIFT + Ditambah Masuk untuk menerapkan format superscript
·
CTRL
+ Space Bar untuk menghapus subscript dan superscript
4. Tombol Fungsi
Function Key
|
Ditekan Sendiri
|
dengan SHIFT
|
dengan CTRL
|
dengan ALT
|
F1
|
Menampilkan
kantor asisten atau Bantuan Jendela
|
Apa ini? atau
bantuan Konteks-sensitif
|
||
F2
|
Pilih kotak
teks jika teks dalam dipilih
|
Save As
|
||
F3
|
Mengubah
kasus huruf
|
|||
F4
|
Ulangi aksi
terakhir -atau- Buka Lihat di daftar (jika dalam membantu)
|
Ulangi
tindakan find terakhir
|
Tutup Jendela
aktif
|
Menutup
aplikasi aktif
|
F5
|
Mulai
tampilan slide dari slide awal (atau dalam tampilan file, me-refresh daftar
file)
|
Kembalikan
jendela aktif
|
Mengembalikan
jendela aplikasi
|
|
F6
|
Bergerak
searah jarum jam di antara panel dari tampilan normal
|
Langkah
berlawanan arah jarum jam di antara panel
|
Bila lebih
dari satu jendela terbuka, beralih ke jendela berikutnya
|
|
F7
|
Periksa ejaan
|
Jika jendela
belum maksimal, memungkinkan Anda untuk memindahkan jendela
|
Menemukan
kesalahan ejaan berikutnya
|
|
F8
|
Jika jendela
belum maksimal, memungkinkan Anda untuk ukuran jendela
|
Macro
|
||
F9
|
Matikan grid
dan mematikan
|
Meminimalkan
jendela aktif
|
Matikan
panduan dan mematikan
|
|
F10
|
Aktifkan menu
bar
|
Buka menu
shortcut (sama seperti mengklik kanan mouse)
|
Maksimalkan
jendela aktif
|
Memaksimalkan
jendela aplikasi
|
F11
|
Visual Basic
Editor
|
|||
F12
|
Save As
|
Simpan
|
Terbuka
|
5. Memasukkan Simbol Khusus
·
Untuk menyisipkan simbol © hak
cipta, masukkan (c)
·
Untuk menyisipkan simbol Trademark ™
masuk (tm)
·
Untuk menyisipkan simbol ® terdaftar
masuk (r)
·
Anda dapat membuat sendiri shortcut
simbol khusus Anda di Tools> AutoCorrect (copy dari peta karakter dan
paste ke ganti dengan ...)
6. Hindari Kesalahan Pemula
·
Menggunakan
skema warna tradisional yang telah terbukti mudah pada mata. Ingat bahwa
informasi dalam slide Anda lebih penting daripada warna. Informasi, warna tidak
mencolok, harus menarik perhatian pemirsa Anda '.
·
Batasi
penggunaan animasi. Animasi yang berlebihan akan mengalihkan perhatian pemirsa
Anda 'dari informasi dalam slide Anda. Jika Anda memilih untuk menggunakan
animasi, menggunakan jenis yang sama dari animasi pada semua slide - slide show
profesional bukan waktu untuk melihat berapa banyak animasi yang berbeda dapat
Anda gunakan.
·
Batasi
transisi antara slide. Jika Anda memilih untuk menggunakan transisi,
menggunakan transisi yang sama antara semua slide. Sebuah slide show
profesional bukan waktu untuk melihat apakah Anda dapat menggunakan transisi
yang berbeda antara setiap slide.
·
Jauhkan
slide show singkat, sederhana, dan manis. Berkonsentrasi pada pesan dari
presentasi bukan pada kemewahan yang tersedia dalam PowerPoint.
·
Membuat
slide judul dan slide AKHIR dalam presentasi Anda. Juga, membuat KREDIT geser
jika Anda menggunakan informasi atau grafis selain clip art disediakan dengan
PowerPoint. Menggunakan informasi atau grafis tanpa mengutip sumber Anda
dianggap plagiat.
·
Jangan
menggunakan beberapa latar belakang. Sebuah slide show profesional akan
konsisten.
·
Jangan
menggunakan grafis yang berlebihan dan efek teks. Sebuah slide show profesional
akan halus dan tidak akan mengurangi pesan.
·
Gunakan
grafis suara dan bergerak hanya jika pesan presentasi akan ditingkatkan dengan
itu.
·
7. Catatan Pages
Dalam
sebuah kelas online, kita tidak bisa memberikan presentasi kami secara pribadi.
Dengan demikian, sering ada informasi tambahan yang seharusnya tidak
ditempatkan pada slide tapi harus disebarkan kepada audiens Anda. Informasi
tambahan ini adalah pesan yang akan memberikan secara lisan jika Anda adalah
untuk menyajikan tampilan slide Anda secara pribadi. PowerPoint memiliki fitur
di mana Anda dapat menempatkan ini catatan tambahan -. Disebut Notes Pages atau
Catatan Pembicara (tergantung pada versi PowerPoint yang Anda gunakan) Dalam
rangka untuk menerima kredit penuh untuk presentasi PowerPoint Anda, saya akan
berharap untuk melihat sebagian Notes Pages dengan informasi tambahan pada
mereka.
Untuk memasukkan catatan pada teks slide, ketik panel bawah
slide. Grafis
dan benda-benda lain juga dapat ditempatkan pada Pages Catatan. Untuk
menempatkan gambar pada Catatan Pages, Anda harus berada dalam Catatan Lihat
(dalam menu View, pilih Notes Pages).
Untuk mencetak halaman catatan, membuka jendela dialog
pencetakan. Dekat
bagian bawah jendela yang mengatakan, "Cetak Apa," pilih
"Catatan Pages."
Canggih PowerPoint Tips
8. Editing Shortcuts
Ketika memilih sebuah benda (placeholder teks atau objek
grafis), gunakan tombol kanan mouse untuk klik di atasnya (dengan Macintosh,
gunakan CTRL + klik).
Tidak hanya akan Anda pilih objek tetapi Anda akan
ditampilkan menu editing khusus untuk objek.
9. Mengurangi Ukuran File
Ingat
bahwa setiap slide dalam presentasi PowerPoint membutuhkan waktu sekitar 1-2
menit untuk membahas. Dengan demikian, menjaga jumlah slide dalam presentasi
Anda untuk minimum. Jika Anda memiliki presentasi 15 menit, siapkan tidak
lebih dari 10-12 slide. Ingat, presentasi lisan Anda akan memakan waktu dan
Anda akan ingin untuk memesan waktu untuk audiens Anda untuk mengajukan
pertanyaan. Jika presentasi Anda begitu formal yang audiens Anda tidak merasa
nyaman untuk mengajukan pertanyaan, presentasi tidak akan memenuhi misinya
dimaksudkan. Selain itu, lebih baik untuk memiliki presentasi Anda mengambil
lima menit kurang dari waktu yang diberikan bukan untuk pergi satu menit lebih.
Jika
Anda ingin mengurangi ukuran slide show berkas (karena memori komputer Anda
terbatas atau untuk menyimpan ke flash drive atau untuk mentransfer melalui
e-mail atau Internet), Anda dapat melakukan empat hal:
- Gunakan Save As (di menu File) dan menyimpan file Anda menggunakan nama yang berbeda.
- Menyisipkan slide kosong di awal presentasi Anda.
- Jika Anda menggunakan grafis yang sama pada beberapa slide, tidak memasukkan grafis pada masing-masing slide. Masukkan hanya sekali, lalu salin dari slide ke slide. Jika Anda menggunakan grafis yang sama pada semua slide, menempatkan grafis pada master slide (dalam menu View.
- Lihat kembali setiap objek grafis dan lainnya dalam presentasi Anda. Apakah mereka menambah presentasi atau mereka hanya "window dressing?" Mempertimbangkan mengurangi ukuran tampilan slide dengan menyederhanakan efek tambahan. Ingat: informasi pada slide Anda tidak harus dibayangi oleh grafis dan efek khusus.
|
10. Merobek Sub-menu
Anda mungkin perlu untuk menggunakan sub-menu yang sama
beberapa kali. Jika
sub-menu memiliki bar berbayang di atas, Anda dapat "melepasnya" dan
menempatkannya pada layar (lihat panah merah pada grafik ke kanan). Hanya
tarik sub-menu dengan mouse dengan yang bar berbayang.
11. Seamless Layar Membangun
Jika
Anda membuat slide terakhir di mana setiap objek akan ditambahkan pada slide
progresif, Anda dapat menggunakan "mundur" trik untuk membuat Anda
mulus layar membangun. Buat slide final pertama. Kemudian duplikat yang slide
(CTRL + D) sebanyak yang diperlukan untuk membangun urutan. Kemudian bekerja mundur,
menghapus objek pada slide. Ini akan memastikan bahwa setiap objek di tempat
yang tepat pada setiap slide, dan ini menghilangkan mereka bergeser sedap
dipandang ketika bergerak antara slide.
12. Daur Ulang Slides
Hal ini dimungkinkan untuk mengimpor satu slide atau
sekelompok slide dari presentasi lain ke dalam presentasi baru Anda. Jika
Anda telah menghabiskan waktu menciptakan slide sempurna dengan kutipan, grafik
khusus, atau grafik yang rumit pada slide, Anda dapat memasukkan bahwa slide
dalam presentasi Anda yang baru (menggunakan Insert> Slide dari File). Bahkan,
Anda dapat memasukkan slide dari beberapa presentasi ke presentasi baru Anda. Hanya
objek dari slide yang diimpor dimasukkan; latar belakang dan master slide yang
terpengaruh.
13. Ringkasan Slide
Dengan PowerPoint, Anda dapat dengan cepat menambahkan
Ringkasan Slide presentasi Anda. Ringkasan Slide ini dapat
ditempatkan pada pertama presentasi Anda sebagai pengantar, atau dapat
dipindahkan ke akhir presentasi Anda sebagai kesimpulan atau review slide. Ringkasan
slide dibuat dari judul slide lainnya:
- Pada Lihat menu, klik Slide Sorter.
- Pilih slide dengan judul yang ingin Anda gunakan. Untuk memilih beberapa slide, tahan CTRL dan klik slide yang Anda inginkan. (Pastikan untuk memilih slide yang terbaik akan meringkas presentasi Anda.)
- Pada toolbar Slide Sorter, klik tombol Summary Slide ( ).
- Sebuah slide baru, berjudul "Ringkasan Slide," muncul di depan slide yang dipilih pertama.
- Mengedit geser ini dan / atau memindahkannya ke lokasi yang diinginkan di slide Anda.
14. Embed Presentasi di Word
Untuk memasukkan slide Anda ke dalam dokumen Word, buka
kedua file (tampilan slide presentasi dalam PowerPoint dan dokumen yang
diinginkan di Word):
- Pada Lihat menu, klik Slide Sorter.
- Pilih slide yang ingin Anda gunakan. Untuk memilih beberapa slide, tahan CTRL dan klik slide yang Anda inginkan.
- Salin slide dan paste ke Word (CTRL-C di PowerPoint dan CTRL-V di Word).
Anda hanya akan melihat slide pertama dalam dokumen Word
Anda, tetapi Anda dapat klik dua kali pada slide pertama yang menjalankan slide
show.
Bekerja dengan Grafik
15. Benda Memilih
Anda memilih salah satu objek dengan mengkliknya. Anda
mungkin ingin klik kanan-atas objek untuk melihat menu konteks-sensitif
editing. Jika
slide memiliki objek yang tumpang tindih sehingga sulit untuk memilih mereka,
pilih objek apapun maka gunakan tombol TAB untuk siklus melalui berbagai objek
sampai objek yang diinginkan dipilih. Anda dapat tahan tombol SHIFT dan
gunakan tombol TAB untuk siklus mundur melalui berbagai benda.
Cara lain untuk memilih objek adalah dengan menggunakan
pilihan Custom Animation di menu Slide Show. Klik
tab Timing untuk melihat daftar semua objek pada slide. Pilih
objek yang diinginkan kemudian membatalkan (ESC) dari jendela animasi kustom.
16. Pedoman
CTRL + G akan menampilkan jendela dialog Grid dan Panduan
mana Anda dapat mengaktifkan satu vertikal dan satu horisontal pedoman yang
dapat diseret ke posisi dan digunakan sebagai bantuan keselarasan. Tekan
CTRL + G lagi untuk mematikan pedoman. Tahan tombol CTRL sambil menyeret
sebuah pedoman untuk membuat pedoman tambahan.
17. Grid
CTRL + G akan menampilkan jendela dialog Grid dan Panduan
mana Anda dapat mengaktifkan grid, yang dapat digunakan sebagai bantuan
keselarasan. Tekan
CTRL + G lagi untuk mematikan grid.
18. Benda Menyelaraskan
Alat PowerPoint yang paling berguna untuk mengatur objek
pada halaman ini Align & Distribute bawah menu Draw. Alat
ini memungkinkan Anda untuk secara akurat menyelaraskan objek dengan satu sama
lain dan untuk mendistribusikan objek merata baik secara vertikal &
horizontal pada halaman.
Anda juga dapat secara manual memindahkan objek: Pilih
grafis maka cukup tekan UP, BAWAH, KIRI, atau tombol panah KANAN untuk
memindahkan grafik ke arah yang diinginkan.
Atau untuk memindahkan objek secara bertahap lebih kecil:
Pilih grafis, tahan tombol CTRL, maka cukup tekan UP, BAWAH, KIRI, atau tombol
panah KANAN untuk memindahkan grafik ke arah yang diinginkan.
19. Menggunakan karton
Ketika bekerja dengan grafis
(mengubah ukuran, pewarna, dll), geser grafis untuk daerah karton abu-abu di
samping slide Anda. Di sini Anda dapat bekerja pada
grafis tanpa sengaja mengubah benda lain (seperti kotak teks) pada slide Anda. Setelah
Anda menyelesaikan pekerjaan pada grafis Anda, tarik kembali ke tempatnya pada
slide.
20. embossing Images
Ingin emboss grafis Clip Art? Hal ini cukup mudah:
1.
Memasukkan
gambar Clip Art (dan pastikan itu masih dipilih).
2.
Ungroup
gambar (di menu Draw Toolbar Drawing).
3.
Cepat
kembali kelompok gambar.
4.
Pilih
pengaturan bayangan pada Toolbar Drawing dan memilih gaya 17
5.
Dari
menu Format, pilih Object.
6.
Klik
Colors and Lines Tab.
7.
Pilih
warna yang sama untuk MENGISI seperti Anda digunakan di latar belakang slide
Anda kemudian klik OK.
8.
Jika
efek timbul tidak cukup berbeda, masuk ke tombol Bayangan (pada Toolbar
Drawing) dan memilih Settings Bayangan di mana Anda akan menggunakan
panah untuk memindahkan bayangan sedikit.
21. Membuat Lembut Bayangan
Anda dapat membuat "lunak" bayangan untuk persegi
atau benda bulat:
1.
Membuat
salinan objek.
2.
Pada
properti objek, mengubah isi salinan untuk menjadi berbayang dari hitam ke
warna latar belakang, dengan shading diatur dengan hitam pergi dari pusat ke
warna latar belakang di tepi.
3.
Membuat
objek berbayang sekitar 150% lebih besar dari benda aslinya
4.
Posisikan
objek berbayang belakang objek asli.
22. Foto Vignettes
|
23. Teks Bayangan
Jika Anda menempatkan bayangan di balik teks, teks akan
menonjol dan akan lebih mudah bagi audiens Anda untuk membaca. Jangan
menambahkan bayangan untuk serif font - hanya menggunakan sans serif font
seperti Arial. Untuk
menambahkan bayangan, pilih teks dan menggunakan tombol shadow pada Toolbar
Drawing.
24. Beberapa Backgrounds
Biasanya, Anda harus menggunakan master latar belakang yang
sama di seluruh presentasi Anda. Pada saat yang langka, namun, Anda
mungkin memiliki dua atau lebih bagian yang berbeda dari presentasi Anda. Dalam
kasus tersebut, Anda mungkin ingin memiliki dua atau lebih latar belakang di
slide Anda. PowerPoint
XP (2002) dan lebih tinggi mendukung beberapa latar belakang, tetapi Anda dapat
mensimulasikan latar belakang yang berbeda dalam versi sebelumnya dari PowerPoint. Dalam
menu Format, pilih Background. Mengubah latar belakang untuk bagian
yang berbeda Anda, kemudian memeriksa kotak untuk "latar belakang grafis
Abaikan dari master."
25. Peluru Gambar
Anda dapat menggunakan gambar, bukan lingkaran hitam
sederhana dan kotak untuk peluru di PowerPoint:
1.
Pilih
placeholder teks di mana Anda ingin menggunakan peluru gambar.
2.
Dari
menu Format, pilih Bullets dan Numbering.
3.
Pada
kotak dialog, klik tombol Picture.
4.
Bila
Anda melihat kotak dialog Bullet Gambar, memilih peluru yang Anda sukai
dan klik tombol Insert Clip.
Sumber : Browsing
Komentar
Posting Komentar